Pastur Mengundurkan Diri Bikin Kecewa dan Geger Gereja


Pastur Daniel McFalls dari gereja St Mary di Stockton, California, mengundurkan diri hari Ahad kemarin. Ia beralasan ingin menjadi seorang ayah secara harfiah dari seorang anak, dan tidak lagi sebagai ayah (Romo) bagi jemaat gerejanya.

Dari HuffPost menurut laporan FOX40, menyatakan bahwa anak McFalls, Gabriel, telah lahir pada hari Sabtu. Namun dia tidak mengidentifikasi ibu dari anaknya. 

Berhentinya pengkotbah populer ini telah membuat kekecewaan dari jemaatnya, beberapa di antaranya percaya "sekarang saatnya bagi gereja Katolik untuk mengevaluasi kembali tradisi lama yang dipegang yang mensyaratkan para pastur untuk hidup selibat, tidak menikah." Jemaat Natalie Lerma, yang telah mengenal McFalls selama dua dekade, berpikir bahwa pengunduran dirinya adalah kerugian besar, ia berkomentar, "Saya tidak berpikir bayi yang salah dan saya tidak berpikir orang yang mencintai salah, jadi mungkin saya pikir sudah waktunya kita melihat hal-hal yang berbeda." 



Saat membahas aturan Gereja yang menentang pernikahan dalam sebuah wawancara dengan News10, McFalls mengatakan, "Jika situasi di Gereja Katolik menjadi berbeda, saya akan menjadi orang yang lebih baik. Lebih stabil, lebih efektif dalam jangka panjang sebagai manusia." CBS Sacramento melaporkan bahwa McFalls berkomentar, "Mungkin akan ada waktu lagi di mana imam bisa menikah seperti yang mereka lakukan selama 1.000 tahun pertama dalam kehidupan gereja, tapi aku benar-benar tidak ingin menyatakan bahwa itu sebagai pembenaran atas apa yang terjadi bagi saya."

Uskup Agung Parolin, Sekretaris Negara Vatikan, mencatat awal bulan ini bahwa gereja perlu "mencerminkan semangat di zaman demokrasi," yang berpotensi membuka masalah tentang selibat imamat untuk di diskusikan.

McFalls yang juga dikenal dengan nama Dean, mengumumkan pengunduran dirinya pada jemaatnya dengan membaca pernyataan selama misa, meminta maaf dan menyatakan alasannya.

"Seorang anak akan segera lahir, dan saya ayah bayi itu," katanya.

Pernyataan pengunduran dirinya: 



Dear friends, saya ingin mengungkapkan kesedihan mendalam saya, bahwa mulai hari ini, saya tidak akan lagi melayani sebagai pastur anda. Saya telah diberkati oleh dukungan dan partisipasi anda selama lima tahun terakhir. Namun, saya telah mengambil cuti dari pelayanan aktif dalam imamat, dan dengan demikian juga telah mengundurkan diri sebagai pastur St Mary. Saya ingin lebih lama, setidaknya sampai festival paroki kami menyimpulkan, tapi keadaan tidak memungkinkan ini terjadi. Seorang anak akan segera lahir, dan saya ayah bayi itu. Saya tahu ini membuat anda terkejut, dan membuat banyak kekecewaan. Saya bertanggung jawab penuh atas tindakan saya dan akan melakukan semua yang saya bisa, sehingga anak saya menerima perawatan dan cinta yang layak. Begitu ia dikandung, saya tidak punya pilihan lain, sebagai seorang Kristen dan pengkotbah, selain untuk melakukan segala kemungkinan bahwa ia mungkin memiliki hidup, dan memilikinya dengan penuh. Seperti St Paulus mengatakan kepada jemaat di Roma: "Tuhan membuat segala sesuatu bekerja sama untuk kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yang telah dipanggil sesuai dengan ketetapannya," dan meskipun Tuhan tidak pernah memutuskan bahwa saya berdosa, dia melakukan perintah bahwa semua kehidupan untuk dihormati dan dipelihara. Saya minta maaf dengan tulus pada masing-masing dari kalian untuk setiap kesedihan, sakit hati, atau rasa ditinggalkan yang mungkin anda alami. Sambutlah pengkotbah yang datang menggantikan saya dengan murah hati. Ketahuilah bahwa saya akan merindukanmu secara mendalam, dan anda akan selalu ada dalam hatiku. Fr. Dean

Tidak ada komentar: