Hah! Mother Teresa Seorang Agnostik !?


Was Mother Teresa an Agnostic? 
Dunia mencintai Mother Teresa. Dia mengurus orang miskin dan sakit, termasuk penderita AIDS, dan tidak pernah meminta imbalan apa pun. Dia tidak memiliki rumah mewah seperti yang di punyai para pengkhotbah fundamentalis, tidak punya mobil mewah dan juga tidak memakai pakaian mahal.

Ketika dia meninggal pada tahun 1997, kemudian Paus Yohanes Paulus II bergegas untuk memulai proses kanonisasi, mengabaikan periode menunggu lima tahun. Tidak ada keraguan bahwa Teresa akan berakhir seorang santo Katolik. Dirinya menjadi berkah untuk memperbaiki citra dari gereja yang telah ternoda oleh semua skandal seks pastor.

Tapi di balik citra publik, bagaimanapun, Teresa rupanya memiliki jiwa yang bermasalah. Biarawati yang menghabiskan hampir setengah abad melayani orang miskin dan tertindas ini memiliki keraguan yang serius tentang adanya Tuhan, Yesus atau bahkan human soul existed.

Dalam serangkaian suratnya yang diterbitkan dalam Mother Teresa: Come Be My Light, ia mengungkapkan pikiran-pikiran dengan cara yang 'harus membuat Agnostik bahagia'.


"Ketika saya mencoba untuk meningkatkan pikiran saya ke Surga," tulisnya, "ada kekosongan menghukum sedemikian rupa sehingga pikiran-pikiran kembali lagi seperti pisau yang sangat tajam dan melukai jiwa saya. Aku diberitahu bahwa Tuhan mengasihi saya, namun realitas kegelapan dan dingin dan kekosongan begitu besar sehingga tidak ada yang menyentuh jiwa saya."

Dari sumber yang lain ia mengatakan: "Saya merasa bahwa Tuhan tidak menginginkan saya, bahwa God is not God dan bahwa Tuhan tidak benar-benar ada." 


Dia juga mengatakan bahwa dia meminta seorang pendeta untuk berdoa baginya "sehingga saya tidak akan menjadi Yudas lainnya".

"I feel that God doesn't want me, that God is not God and that God does not really exist." And in another she asked a priest to pray for her "so that I may never become another Judas".


Tidak ada komentar: