Gereja Tiberias Dikuasai Nyi Roro Kidul?


Perseteruan di Gereja Tiberias Indonesia pimpinan Gembala Sidang Pdt. Yesaya Pariadji, pendeta yang seringkali 'bolak-balik ke surga' akhirnya berujung pada pemecatan pendeta Joshua Tumakaka pada 6 Juli 2012 yang lalu. Sebelumnya ia adalah pendeta terbaik yang menjadi andalan Gereja Tiberias Indonesia. Selain karena setiap jadwal khotbahnya dipenuhi jemaat yang histeris, suatu hal yang biasa dalam kekristenan kharismatik, ia juga lulusan terbaik sebagai Doktor Theologi dari Harvest International Theologi Seminary. Posisi terakhirnya adalah menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Teologia Tiberias.

Ratu Pantai Selatan: Nyi Roro Kidul
Hal yang menarik dari salah satu alasan pemecatan itu, yakni karena Pdt. Joshua Tumakaka dituduh sebagai pengikut Nyi Roro Kidul, Sang Legenda Ratu Pantai Selatan. 'Saksi' dari Gereja Tiberias Indonesia mengatakan bahwa Pdt. Josua Tumakaka ini seringkali melakukan ritual khusus berendam telanjang bulat setiap malam Jumat Kliwon di Pantai Selatan bersama-sama dengan anak istrinya dan pembantunya.

Pdt. Josua Tumakaka dikatakan telah mengikat perjanjian darah dengan Nyi Roro Kidul selama 30 tahun. Ia akan diberikan kekayaan dan pengikut yang banyak, namun tumbalnya adalah bayi-bayi dan janin bayi dalam kandungan jemaat-jemaat wanita yang telah didoakan oleh Pdt. Joshua Tumakaka. 

Pdt. Joshua Tumakaka meminta kekayaan kepada Nyi Roro Kidul sebesar Rp.15 milliar, juga ingin merebut Roh Martir, yaitu Roh the Bestnya Pdt. Yesaya Pariadji. Adapun Nyi Roro Kidul meminta tumbal 10.000 bayi selama 30 tahun perjanjiannya dengan Pdt. Josua Tumakaka. 

Tuduhan itu diperkuat dengan adanya perilaku yang dianggap menyimpang dari ajaran Alkitab menurut Pdt. Yesaya Pariadji, yaitu bahwa Pdt. Joshua Tumakaka dituding seringkali melakukan Perjamuan Kudus dengan Air putih, bukan dengan roti dan anggur. Menurut Pdt. Yesaya Pariadji, roh jahat itu takut dengan Anggur dalam Perjamuan Kudus. 

Dan, anehnya cerita diatas berasal dari acara 'kesaksian' yang diselenggarakan oleh Gereja Tiberias Indonesia (GTI) di Hotel Gading Indah, Kelapa Gading, Jakarta Utara (9/ Nov 2012), dimana seorang jemaat wanita GTI Eunike Stella kerasukan…  Nyi Roro Kidul.

Astaga! Jadi selain menganggap adanya Nyi Roro Kidul sebagai Roh Jahat yang suka menghisap darah bayi, disisi yang lain juga mempercayai 'khotbah' si Roh Jahat tersebut! 

Dan kenapa si Roh Jahat tersebut bisa datang bahkan mengintervensi acara baptisan yang diyakini sakral, penuh malaikat penjaga dan bebas dari pengaruh setan!?

Hm... Nyi Roro Kidul benar-benar 'menguasai' Gereja Tiberias.


Note:
  1. Pdt. Joshua Tumakaka juga dituding telah dua kali membayar orang Ambon untuk membunuh anaknya Pdt. Yesaya Pariadji. Juga disebut suka minta uang dari jemaat, korupsi uang Gereja, menyogok Jadwal Pelayanan, dan juga tuduhan memelihara, astaga… 7.000 Tuyul. 
  2. Menurut Humas Gereja Tiberias, ada juga banyak laporan yang masuk dari para jemaat yang pernah didoakan oleh Pdt. Joshua Tumakaka, bahwa banyak dari mereka yang mengalami keguguran, bayi mati, keluarga hancur, bisnis bangkrut, hutang-hutang, dan murtad karena si Pendeta yang dicap pengikut Nyi Roro Kidul itu setiap hari melempar Alkitab sebelum berdoa.
  3. Anda bisa melihat video 'Nyi Roro Kidul' yang bisa mengintervensi acara baptisan di: http://www.youtube.com/watch?v=7TnFFgHsZt0  
    Video ini diunggah oleh pengikut Pdt. Joshua Tumakaka. Sedangkan video pertama dari Gereja Tiberias Indonesia telah diremove oleh yang meng-upload, mungkin setelah menyadari kejanggalan dan kontroversi yang justru merugikan GTI sendiri. 
  4. Setelah dipecat dari Gereja Tiberias, Pdt. Joshua Tumakaka kemudian mendirikan Grace of Christ Community Church, dimana para jemaat yang setia kepadanya di Gereja Tiberias akhirnya eksodus mengikuti Pdt. Joshua Tumakaka.
  5. Sumber: #1  #2     

Pendalaman Alkitab: 
Dalam Madah Paskah juga ditetapkan bahwa Yesus adalah Lucifer loh...
Adapun Surga yang 'bolak balik dikunjungi' Pdt Yesaya Pariadji, gambarannya dapat di baca pada artikel: Berkunjung ke Surga Kristen.
 
Atau kabar gereja lainnya? Gereja Bethany dilanda Prahara
Atau... Anda ingin kekayaan tanpa klenik, mistik, syirik, tetapi modern, praktis realistis?


5 komentar:

Metta Suryani mengatakan...

Kesalahan Terbesar Gereja Tiberias, Benarkah Pendeta Joshua Tumakaka Itu Pengikut Nyi Roro Kidul?

Anonim mengatakan...

Jujur, No. 1,2,3 diatas adalah perbuatan OKNUM,yang dengki pada kedekatan Pendeta Dr. Yesaya Pariadji dengan Pak Josua Tumakaka.
dan itu untuk kepentigan pribadi mereka.

Unknown mengatakan...

kedua agama menurut saya ga beres , masing2 banyak statement ngelantur

Anonim mengatakan...

Gereja2 akhir2 ini, khususnya gereja kharismatik sering mengkait-kaitkan hal2 mistis dengan ajaran Alkitab TANPA mempelajari Alkitab dengan sungguh2 dan merenungkannya dalam2. Ritual2 Kristiani seperti pembabtisan dan perjamuan kudus menjadi hilang maknanya dan implikasinya akibat ulah pendeta2 dan hamba2 Tuhan yg demikian. Makna sesungguhnya dari karya penebusan Kristus melalui kayu salib tidak lagi menjadi hal yg esensial, melainkan diganti dengan kesejahteraan pribadi tanpa memperhatikan sesama. Kemudian dicampur adukkan dengan hal2 mistis sehingga kekristenan gereja tidak ubahnya seperti pesugihan. Kekristenan sejati adalah kekristenan yang diajarkan dalam keseluruhan Alkitab yang merupakan SATU KESATUAN. Tidak terpisah2 apalagi dicampur adukkan dengan unsur2 keduniawian.

ELANG MEIDIA mengatakan...

Pdt Josua memang bodoh. Baru keluar Tiberias stlh dicap pengikut Roro Kidul. Bgmn pendapat anda klo seorang pendeta berkotbah: BILA ADA PENDETA KENA KANKER MAKA JEMAATNYA AKAN KENA KANKER. Kotbah ini saya dengar sendiri bersama istri saya dari mulut pengkotbah itu