Wajah baru Islam


"Mereka tidak memiliki hak."
"Mereka diperlakukan seperti budak."
"Mereka tidak diizinkan untuk berbicara di depan umum."
"Mereka adalah properti laki-laki."
"Syal yang mereka kenakan seperti tali, sehingga suami atau ayah mereka bisa mengendalikan mereka."

Ini hanya beberapa kesalahpahaman Barat tentang perempuan Muslim. Beberapa orang berpikir bahwa perempuan hidup di zaman kuno, di mana mereka tidak memiliki hak dan sebagian besar dari semua yang mereka tidak menyadari adanya penindasan pada mereka sendiri.

Hal ini mungkin benar pada satu titik waktu. Sama seperti pada satu titik di Kanada, dimana perempuan tidak diizinkan untuk memilih, dan beberapa dianggap sebagai properti pria. Tapi ini tidak benar lagi.

Jadi selama satu minggu pada bulan Januari, Asosiasi Mahasiswa Muslim di Universitas Regina mengadakan Islamic Awareness Week untuk mendidik siswa tentang agama mereka dan untuk menghilangkan kesalahpahaman umum, sekali dan untuk selamanya.

Marla Davies menceritakan kisahnya bagaimana dia masuk
Islam dalam acara Islamic Awareness Week

di Universitas Regina
. Foto oleh Natasha Tersigni
Pada akhir minggu MSA mengadakan acara di teater universitas yang mana para muallaf memiliki kesempatan untuk berbagi cerita. Acara ini membantu memperbaiki kesalahpahaman umum lain, bahwa orang-orang, sebagian besar perempuan, hanya mengkonversi karena mereka telah bertemu dengan seorang pria yang mereka ingin menikah dengannya, seorang Muslim.

Lacey Tourney adalah seorang yang baru bertobat. Bukan karena dia bertemu pria yang ingin menikah dengannya. Sebaliknya ia menemukan agama yang masuk akal baginya; dan yang lebih penting adalah membuatnya bahagia.

Tourney dibesarkan dalam keluarga Katolik Roma, pergi ke gereja secara teratur dan merayakan semua hari libur Kristen seperti Natal dan Paskah. Saat ia mulai tumbuh dewasa, ia mulai mempertanyakan imannya.

"Saat aku semakin tua, aku kehilangan tentang pentingnya agama yang harus ada dalam kehidupan seseorang. Aku tidak punya keinginan untuk pergi ke gereja; yang pada dasarnya pergi hanya pada hari libur, terutama karena saya merasa bahwa itu adalah hal yang benar untuk dilakukan," katanya. "Aku ingin Tuhan dalam hidup saya. Aku percaya pada Tuhan. Saya tahu Tuhan itu ada. Aku tahu ada sesuatu yang lebih tinggi yang membawa kita pada segala yang kita miliki. Aku hanya tidak tahu bagaimana saya ingin mengikuti keyakinan itu."

Semuanya berubah bagi Tourney ketika dia berada di tahun pertama universitas.

"Itu sekitar satu tahun atau lebih di universitas dan saya mulai memiliki banyak teman-teman yang Muslim. Aku tidak tahu apa itu Islam, bagaimana menjadi Muslim. Aku hanya naif seperti beberapa orang lainnya dalam hal mengetahui informasi yang tepat tentang Islam. "

"Percakapan mengusik minat saya. Berdasarkan apa yang mereka katakan, aku duduk kembali dan berkata 'Ini masuk akal.' Agama bisa masuk akal. Aku tak pernah tahu itu; aku tidak pernah tahu agama bisa masuk akal. Ini adalah perubahan gaya hidup, ini benar-benar berbeda, dan aku ingin tahu pasti apa yang saya inginkan untuk diriku sendiri."

Lalu datanglah titik balik dalam perjalanan religius Tourney - untuk mengkonversi atau tidak mengkonversi.

"Aku melakukan banyak penelitian dan membaca seperti yang saya bisa lakukan sampai Anda mendapatkan ke titik baik Anda untuk mengkonversi menjadi seorang Muslim atau tidak," katanya.

Kemudian, dia akhirnya membuat keputusan.

"Aku sendirian di kamar saya dan saya hanya melakukannya satu malam. Aku berada di tempat yang paling acak yang Anda bisa dapatkan ketika mengkonversi ke agama, tapi faktanya adalah saya senang setelah saya melakukan itu," kata Tourney.

Meskipun banyak ibu akan khawatir tentang putri remaja mereka mengkonversi ke agama baru dan agama dengan kesalahpahaman yang sangat negatif, ibu Tourney, Lisa, menyaksikan putrinya dengan bangga menceritakan kisahnya, dan dan terus menjadi mendukung dalam transisi ke gaya hidup baru .

"Mulai saat di hari [dia] memilih ini," kata Lisa. "[Dia] tidak lagi minum, atau merokok, atau menjadi orang yang campuraduk. Dia masih bersekolah, dia hanya mencoba untuk menjadi orang yang lebih baik. Ini tidak seperti dia melakukan sesuatu yang buruk, dia hanya mencoba untuk menjadi orang yang lebih baik. Jelas, jika dia senang dengan apa yang dia lakukan, saya sepenuhnya mendukung dia."

"Melalui semua itu, kami telah melakukan banyak hal bersama-sama dan bekerja bersama-sama. Dia telah menjelaskan hal itu kepada saya dan saya telah pergi ke Internet dan mencoba untuk mendapatkan pembelajaran atas hal itu sebisa mungkin. Dia memiliki pertanyaan dan teman-teman memberikan informasi," kata Lisa.

Marla Davies adalah orang lain yang berbagi kisahnya. Meskipun Tourney dan Davies memiliki teman yang orang tuanya mengusir dia keluar dari rumah ketika ia masuk Islam, orang tua Davies mirip dengan Lisa Tourney,

"Keluarga saya bersikap hit dan miss diawal saya menjadi Muslim," kata Davies

"Ayah saya adalah dari selatan jauh di Amerika. Dia dari Kentucky dan pembicaraan dengan aksen a. Dia Republikan, sangat konservatif. Saya pikir saya akan mendapat respon sangat negatif dari dia ketika saya mengatakan kepadanya, tapi itu benar-benar sebaliknya. Ayahku mengatakan bahwa paman saya berjuang di Perang Dunia II sehingga kita bisa menjaga kebebasan dan hal-hal ini dan ia percaya setiap orang harus memiliki kebebasan beragama. Ibuku tidak benar-benar berbicara tentang hal itu dengan saya - life just goes on, berjalan seperti biasanya. Jadi secara keseluruhan itu menjadi pengalaman yang positif. "

Davies mengatakan dia bukan wanita tertindas dan dia bisa membuat keputusan untuk dirinya sendiri. Hanya karena dia memilih untuk berdoa kepada Allah tidak berarti memberikan hak orang lain untuk menilai secara salah pada dirinya.

"Orang mengatakan bahwa Islam adalah menindas, tapi saya ingin berpikir bahwa saya seorang wanita berpikiran-terbuka-bebas-pemikiran yang telah memilih hidup untuk dirinya sendiri bahwa dia berpikir benar," katanya. "Jadi bagi siapa saja yang bukan Muslim, harap berhati-hati dari etnosentrisme. Harap jangan menganggap bahwa cara hidup kita semua yang kita pilih adalah yang tepat untuk semua orang. Silahkan memberi orang manfaat dari keraguan bahwa mereka memiliki otak dan mereka dapat memilih sendiri."

Sementara tampaknya ada ketegangan meluas, kekerasan dan kesalahpahaman antara Muslim dan lainnya di seluruh dunia, kedua wanita ini mengesampingkan semua itu dan mengikuti apa yang mereka yakini sebagai panggilan dalam hidup. Meskipun mereka mungkin menghabiskan sisa hidup mereka untuk menangkis stereotip negatif, kisah yang mereka ceritakan selama minggu ini mendorong banyak mahasiswa Universitas Regina mengatakan bahwa mata mereka telah dibuka.

Oleh (dan terimakasih kepada): Natasha Tersigni
Saat artikel ini di tulis (31/01/12), Natasha Tersigni adalah mahasiswa jurnalistik tahun keempat di University of Regina, dan berharap untuk lulus pada musim semi 2012. Saat itu dia sebagai editor berita dari university's students paper, The Carillon, dan pendayung amatir avid. Karya lainnya ada di ntersigni.wordpress.com.

Lacey Tourney (22) menikmati tahun ketiga Ramadhan

"Menjadi seorang muallaf, Anda perlu menemukan alasan di balik semuanya. Dan alasan di balik keyakinan Muslim adalah untuk membuat hidup Anda lebih sehat, lebih memuaskan (dan) untuk membuat Anda lebih peduli tentang orang lain dan berkonsentrasi untuk membantu mereka." Baca di: leaderpost.com atau hayatimagazine.com

Tidak ada komentar: