Muslim, Komunitas Paling Dermawan di Inggris


Sebuah jajak pendapat oleh sebuah situs amal terkemuka di Inggris menunjukkan bahwa orang yang beragama Islam adalah paling dermawan dibandingkan dengan pemeluk agama lain.

Jajak pendapat yang diumumkan oleh The Times pada hari Sabtu kemarin, menunjukkan bahwa setiap orang Islam rata-rata menyumbang untuk amal tahun lalu sebesar £ 371. Diantara pemberi Muslim, sebagian besar menyumbangkan antara £ 300 dan £ 500. 

Dengan jumlah itu, komunitas Muslim menduduki puncak jajak pendapat kelompok agama yang memberikan sumbangan amal terbanyak, disusul Yahudi yang rata-rata memberikan 270 euro per orang, Katolik Roma 178 euro, Kristen 178 euro, dan Protestan 202 euro.

Adapun ateis menempati posisi terbawah dengan rata-rata hanya menyumbang sebesar 116 euro.

Jajak pendapat dari 4.000 responden tersebut yang dilakukan bersamaan dengan situs JustGiving, menemukan bahwa empat dari 10 ateis sama sekali tidak menyumbang. 

Angka itu dibandingkan dengan tiga dari sepuluh Muslim, Katolik, dan Kristen yang tidak menyumbang. Adapun empat dari 10 orang Yahudi juga tidak menyumbang, namun hampir satu dari sepuluh Yahudi menyumbangkan lebih dari £ 1.000.

Zarine Kharas, chief executive JustGiving, kepada The Times: "Data kami menunjukkan bahwa komunitas Muslim Inggris berada di garis depan digital dalam beramal, didorong peningkatan dalam donasi zakat."

JustGiving menyatakan pertumbuhan jumlah Muslim yang membuat sumbangan amal secara online. Sumbangan Muslim diarahkan sebagian untuk amal keagamaan seperti Muslim Aid dan Islamic Relief, dan juga banyak sumbangan untuk lembaga penelitian, seperti Cancer Research, Macmillan and British Heart Foundation.

Farooq Murad, sekretaris jenderal Dewan Muslim Inggris, mengatakan: "Ini menunjukkan semangat sejati dan realitas Islam di Inggris, dalam membantu bukan hanya bagi sesama Muslim, tetapi juga untuk kehidupan kemanusiaan secara luas dan mendukung penyelesaian masalah nasional."

-----
Alhamdulillah
Semoga Allah yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang menambahkan harta bagi semua orang Islam, sehingga semakin banyak pula harta yang bisa di sumbangkan. Amiin.


Tidak ada komentar: