Grozny's Central Mosque, Subhanallah !


Moskow - Dibawah pemerintahan baru yang jauh lebih menjamin pemerataan keadilan, Chechnya terus membangun. Suasana yang begitu tenteram terpancar dari wajah penduduknya. Berjalan pada malam hari pun tidak ada kekhawatiran. Tidak ada perasaan seram sama sekali. Hanya di beberapa tempat strategis terlihat polisi yang siap siaga.

Kini, kota Grozny sangat terasa sebagai kota yang sangat kental dengan nuansa Islam. Apalagi hampir seratus persen penduduknya adalah muslim. Ketika keluar dari bandara Grozny misalnya, sebuah masjid megah menyerupai masjid Aqsa menyambut kita semua. Kemanapun kita pergi maka masjid selalu mudah ditemui. 

"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (Al-Insyirah 94: 5-6).

Salah satu hal yang paling menarik adalah titik pusat kota yang merupakan refleksi dari kebanggaan masyarakat. Tepat di tengah kota Grozny dibangun sebuah masjid yang sangat megah dengan arsitektur yang sangat indah sebagai Heart of Chechnya, Grozny's Central Mosque. Masjid yang diresmikan tahun 2008 ini juga merupakan Europe's largest mosque, mampu menampung lebih dari 10 ribu jamaah, diberi nama Masjid Haji-Akhmad Kadyrov.



Night views of Grozny's Central Mosque


 


 


"Ini merupakan kebanggaan masyarakat Muslim keseluruhan," kata Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov kepada peserta pada pembukaan proyek Grozny $ 20 juta, yang konstruksinya dimulai tahun 1995. "Hal ini membuat kita bahagia dan gembira karena kita benar-benar muslim yang taat."


Russian Prime Minister Vladimir Putin and Chechen President Ramzan Kadyrov 

Lebih dari 200 ulama Muslim dari seluruh dunia menghadiri upacara di Grozny saat itu, yang masih harus membangun kembali setelah bertahun-tahun berperang. Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, yang tiba di Grozny pada 16 Oktober juga melakukan tur ke masjid baru tersebut menjelang peresmiannya.  

"Saya berpikir bahwa tidak hanya orang-orang Chechnya dan Muslim Chechnya, tetapi juga semua Muslim Rusia bisa merasa bangga dengan masjid ini," kata Putin. "Ini benar-benar hadiah besar untuk seluruh dunia Muslim."

Sebagai manifestasi Islam, maka gedung yang terdekat dengan masjid yang berjarak 250 meter adalah kantor Majlis Muslim Chechnya, atau kantor pusat ulama setempat. Dan masih dalam arena masjid, gedung ketiga terpenting adalah Universitas Islam Rusia Kinta Haji. Jadi ada tiga komponen utama Grozny, yaitu masjid jami', kantor ulama dan universitas Islam. Total luas area ini adalah 14 hektar. Ada zona rekreasi, taman dan beberapa air mancur yang dibangun di sepanjang tanggul Sungai Sunzha.

Adapun gedung-gedung baru berlantai 30 mengelilingi tiga pilar utama Grozny tersebut. Pembangunan terus berjalan berpacu dengan waktu, dan sangat diyakini Grozny akan menjadi salah satu kota paling modern di Rusia. Tentu saja Chechnya sudah sangat stabil, sangat aman. Dalam iklan wisata dari Pemerintah Chechnya tertulis: "Saat akan bertamasya, tinggalkan mobil Anda di pinggir jalan dan jangan ambil kuncinya. Kami jamin ketika Anda pulang tidak akan ada goresan sedikitpun." [mas/ rfe].

Tidak ada komentar: