Josh Hasan, Ex-Yahudi, Amerika Serikat


Tulisan dari saudara Josh Hasan yang sangat lugas dan menarik tentang pencarian kebenaran, dimana ia menemukan Islam sebagai agama pilihannya.

Aku bisa saja tidak menjadi seorang Muslim. Aku bisa menjadi seorang Hindu, menyembah 14.321 dewa-dewi, seperti seorang dewi untuk anjing tetangga saya, satu lagi untuk bulan, dan satu lagi untuk Evander Holyfield yang kehilangan telinganya. Aku akan menyembah semua "tuhan" palsu ini, dan aku akan sakit... sakit di hati dan buta terhadap logika dengan mematuhi gajah merah muda berlengan enam, yang dapat ditemukan di berbagai dinding yang dipengaruhi-Hindu, restoran India! Ya, mereka menyembah gajah, yang biasanya takut dengan tikus.

Atau mungkin aku bisa menjadi seorang Kristen, menyembah Yesus Kristus. Tapi kenapa aku harus menyembah nabi, memang dia tidak pernah menyebut dirinya Tuhan? Tidakkah dia tahu? Dia tahu, dan begitu juga saya. Yesus bukan Tuhan dan Tuhan bukan Yesus.

Aku bisa pergi ke Buddhisme, tetapi sekte mana yang benar? Siapa yang tahu? Dan saya ingin mendengarkan Dalai Lama memberitahu saya bagaimana untuk menikmati hidup dalam kata-katanya, "taking three hookers and traveling to Las Vegas."

Coexist, but don't compromise your faith!
Aku tidak akan menjadi apapun seperti di atas, tidak akan. Aku berbalik ke arah Islam meskipun saya hampir tidak tahu tentangnya. Satu tahun kemudian, saya mengikrarkan kalimat syahadat. Saya bahkan berharap, saya melakukannya jauh lebih awal. Ini adalah cerita saya menjadi seorang Muslim. Ini dimulai ketika saya masih berusia 10 tahun.


Hanya Ada Satu Tuhan
Ketika saya berusia 10 tahun, orang tua saya mendaftarkan saya ke Sinagog Konservatif lokal, dikota penuh dengan Yahudi Brookline, Massachusetts. Saya dikirim ke sana untuk belajar bahasa Ibrani dan diajarkan Yudaisme. Saya cukup mendapat pelajaran dari para guru disana dengan baik. Sulit bagi saya untuk mengingat sekarang, tapi disana benar-benar diajarkan [reformasi] Yudaisme dengan sangat baik. Pada usia 10, saya sangat percaya pada Tuhan, membaca kisah-kisah dari Taurat dan Perjanjian Lama, dan lebih saleh daripada orang tua saya yang jauh lebih tua. Saya mencoba berdoa dan taat, meskipun keluarga saya dan teman-teman, seperti yang saya ingat, bahkan tidak menganggapnya sebagai hal yang paling penting. Mengapa mereka tidak peduli? Namun demikian, saya terus menjaga batin Yahudi saya. Sepanjang waktu itu, dalam Yudaisme, saya mencermati Kekristenan, bertanya-tanya bagaimana begitu banyak teman saya mengikuti orang besar ini, yang namanya begitu banyak digunakan orang secara sia-sia ketika mereka menjatuhkan kertas atau tersandung. Tidakkan semestinya Yesus Kristus, saya pikir, ditampilkan dengan cara lebih terhormat? Selain itu, bisakah ia menjadi anak Allah?

Lalu suatu hari, masih usia 10, saat aku melalui bacaan saya tentang orang-orang Yahudi dan Israel, saya menemukan sebuah agama baru. Pertama, saya melihat bulan sabit dan bintang, saya membaca lebih lanjut. Saya sangat tersentuh ketika saya menemukan bahwa satu miliar orang di dunia menyembah Tuhan yang sama seperti yang saya lakukan. Saat aku berpikir tentang hal itu sekarang, itu benar-benar luar biasa. Ini para pemeluk Islam, yang membaca Al Qur'an dari Allah SWT, seperti yang diejakan, dan berhaji. Menarik!

Sayangnya, untuk belajar lebih lanjut pada waktu itu terhalang oleh afinitas untuk Israel. Saya dicuci otak tentang teroris Muslim yang meledakkan orang Yahudi seperti dinamit. Orang-orang Yahudi yang baik, orang-orang Arab yang buruk. Itulah yang teman-teman saya katakan kepada saya, itulah yang guru saya sepertinya menyiratkan, dan aku menjadi jarang mendengar Islam lagi sampai 1999.

Sementara itu, awal tahun 1995, keluarga saya beralih sekte dan sinagog. Dari Yahudi konservatif, sekarang kami menyebut diri "Yahudi reformatif". Kami menjadi sangat liberal. "Rabi" kami tidak khoser. Dia yang saya anggap sebagai pemimpin spiritual, seorang pria yang memimpin orang-orang Yahudi sebagai pengikut Tuhan. Suatu malam, saat kami duduk di "jemaat," Rabbi kami mencoba untuk membuat kami tetap terjaga. Dia merujuk kesenangannya dalam melihat dan menginginkan "mahasiswi" Boston College, dari rumahnya yang ada didekatnya. Ia menghasut hanya untuk segelintir tawa. Hari ini, ketika aku melihat kembali, saya ingat bagaimana ia berbicara tentang sesuatu yang "haram" di depan istrinya menurut Taurat dan di hadapan Allah. Ketidakpuasan saya dengan Yudaisme tumbuh, dan aku tahu bahwa pindah agama ke sayap kanan tak terelakkan. Hanya itu tidak akan menjadi Yudaisme Ortodoks.


Penganut Lain dari Kitab
Saya terkesan pada waktu itu dengan spiritualitas orang Kristen karena tampaknya kuat. Yudaisme, aku tahu, adalah agama yang korup, tapi aku masih percaya pada Tuhan. Orang-orang Kristen percaya pada Tuhan, tidakkah mereka percaya?

Aku menghadiri misa, saya berbicara dengan para imam, tapi aku punya waktu yang paling sulit di dunia untuk percaya bahwa Yesus bisa menjadi Tuhan. Jadi aku memaksa diriku. Saya akan berdoa kepada "anak", dan kacau. Aku berusaha sangat keras, tapi aku tahu tidak ada jawaban. Aku tidak mengerti, tapi aku terus mempelajari Katekismus dan melakukan Doa Bapa Kami. Saya tidak dibaptis, jadi aku bukan Katolik. Bahkan, untuk menjadi Katolik, anda perlu belajar selama sembilan bulan. Bagaimana jika saya meninggal sebelum saya menjadi seorang Katolik karena para imam tidak akan membiarkan saya menjadi orang Kristen? Lalu apa? Saya terus melihat kelemahan dalam ajaran Kristen. Para imam tampaknya melihat hal-hal seperti ini, tetapi mereka terus berkhotbah.

Sekitar 26 Januari 1999, saya berhenti dari kelas konfirmasi. Aku berhenti dari Kekristenan, meskipun saya bahkan belum jadi Kristen. Aku tidak "diselamatkan," tapi aku tidak peduli. Saya sangat menyenangkan orang tua saya dengan meninggalkan Gereja Katolik. Tapi, saya masih tahu hanya ada Satu Tuhan. Sampai hari ini, saya terkejut melihat betapa cepat itu terjadi. Belum satu minggu setelah saya meninggalkan gereja untuk selamanya, aku sudah siap untuk belajar tentang agama Tuhan yang terakhir.


Penundaan yang Menghebohkan
Ayah saya sangat gembira dengan memudarnya minat belajar saya di Katolik dan dia menyambut saya dengan tangan terbuka. Sayangnya, ia membawaku ke perpustakaan. Di sana, saya disajikan dengan Encyclopedia Britannica. Saya membaca tentang Muhammad, semoga rahmat dan berkah Allah besertanya. Artikel tersebut mengklaim bahwa ia membantai semua orang Yahudi dari suku mereka. Setelah membaca ini, saya sangat sedih, dan saya marah dan bingung pada saat yang sama. Aku marah karena telah belajar bahwa nabi ini dari Islam telah membantai orang Yahudi, dan saya bingung tentang apa yang harus dilakukan sekarang. Saya pikir saya telah mengesampingkan Islam, tapi aku masih percaya pada Tuhan. Lalu apa? Memang, aku tidak bisa pergi lebih dari beberapa minggu sebelum kembali. Aku tahu Yudaisme korup, aku tahu Kristen itu korup. Sekarang aku mendapatkannya: Encyclopedia Britannica juga korup.

Jadi saya mulai mencari Masjid lokal. Bahkan, saya menemukan sebuah Masjid yang dekat secara tidak sengaja. Aku melihat di internet tanpa henti. Segera setelah saya melihat kata Boston, saya mengklik mouse, menunggu informasi yang akan membawa saya untuk menyembah Tuhan dengan cara yang benar. Aku menunggu, pasien dengan modem yang lambat dan tidak berperasaan, dan akhirnya, situs telah dimuat.

Pada ketukan tombol mouse, saya disambut dengan assalamu'alaikum. Aku mencatat alamat, dan merencanakan perjalanan. Jadi secara khusus saya telah menemukan sebuah masjid di Boston, saya sangat senang bahwa saya tidak harus melakukan perjalanan ke Mesir atau Yordania dan Yaman.

Saat itu sekitar 28 Februari 1999. Aku berjalan menyusuri Prospect Street, dan aku melihat Masjid. Aku berjalan ke depan, aku mencapai untuk membuka pintu, dan melihat sebuah tanda: Pintu Masuk Perempuan. Women’s Entrance! Aku tidak tahu apa artinya, jadi aku berjalan di sekitar masjid, berharap mereka akan membiarkan pria di suatu tempat. Tiba-tiba, aku merasa gugup karena saya menemukan pintu masuk pria. Saya belum pernah bertemu seorang Muslim religius, dan aku tidak tahu apa reaksi umat Islam saat bertemu saya. Aku bertanya-tanya apakah aku harus menyembunyikan identitas Yahudi saya. Aku menghela napas dan memasuki pintu.

"Permisi," kataku pada orang pertama yang kulihat. "Saya di sini untuk belajar tentang Islam." Saya menunggu reaksinya. Aku menunggu untuk pendidikan atau untuk diusir keluar. Apakah mereka benar-benar mengusir saya keluar? Aku melepaskan sepatu saya. Pria itu mengatakan: "Maaf, saya tidak bisa berbicara bahasa Inggris," dan ia masuk ke dalam ruang utama. Aku mengikutinya masuk. Saya sendiri tidak yakin apakah ia akan meninggalkan saya untuk mengembara. Aku melihat ke sekeliling, orang-orang beriman sujud tunduk pada Allah (SWT). Aku pindah, tapi aku tidak yakin apa yang harus dilakukan selanjutnya. Kemudian, saya melihat orang kembali dengan apa yang tampak seperti sekelompok orang lain yang beriman. Aku duduk. Ada satu dari saya dan apa yang tampak seperti 50 dari mereka. Mereka semua berbicara kepada saya pada waktu yang sama. Itu luar biasa, rasanya hebat. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya Islam bagi umat Islam dan juga disana saat itu. Aku diberi "A Brief Illustrated Guide to Islam," dan dalam beberapa menit, aku punya kalimat Syahadat sebelum mataku. Ada kalimat: La Ilaha Illa Allah, Muhammadun Rassoolu Allah. Aku sudah siap untuk mengatakannya. Di sini dan sekarang, sembilan bulan untuk menjadi seorang Katolik, mungkin lebih lama lagi untuk menjadi seorang Yahudi, tetapi dalam hitungan menit, aku bisa memeluk Islam.

"Apakah Anda yakin? Anda tidak perlu melakukan ini," datang nasihat dari seorang saudara yang ramah dan tampak hati-hati. Saya terkejut: itu seperti hal yang besar bahwa saya harus berpikir tentang hal ini? Haruskah aku tidak menjadi seorang Muslim sekarang?

Hari itu, saya tidak menjadi seorang Muslim. Tapi itu adalah hari Sabtu yang indah. Saya bertemu saudara dari seluruh dunia. Namun, meskipun beragam seperti yang tampak dari mereka, mereka semua berbagi tujuan yang sama, secara jelas: penyerahan sepenuhnya kepada Allah (SWT).

Ini akan menjadi lebih dari satu tahun sebelum saya menjadi seorang Muslim. Selama tahun itu, aku telah berada di lokasi yang diduga sebagai penembakan, di Bronx, melewatinya dengan mobil keluarga saya. Bahkan, peluru menghancurkan jendela belakang hanya beberapa meter dari kepala saya. Aku selamat tanpa goresan, dan segera lupa tentang seluruh peristiwa.

Pada tanggal 6 Mei 2000, saya dengan naik kereta yang sama yang selalu digunakan bila ke Masjid di Cambridge. Kali ini, saya membawa sebuah buku tentang bahasa Arab, karena saya pikir itu akan sesuai untuk belajar bahasa. Itu filosofi saya saat itu. Mempelajari Islam secara komprehensif. Pada saat Anda berikrar Shahadat, Anda akan menjadi jenius. Aku berlari menghampiri seorang Muslim yang aku tak melihatnya selama berbulan-bulan. Dia bertanya apakah aku telah menjadi seorang Muslim atau belum. Kemudian, kami melakukan percakapan singkat. Dia berbicara tentang bagaimana jika aku pergi keluar di jalan dan mendapat kecelakaan mobil, aku akan meninggal sebagai seorang non-Muslim. Hal ini sangat jelas bisa berarti neraka. Dia menceritakan kisah yang sebenarnya ini kembali pada bulan Desember 1999, dimana aku telah melupakannya, sampai dibangunkan kembali dengan penembakan di Bronx. Kali ini, menunda masuk Islam tidak akan bertahan.

Didalam masjid siang itu, saya duduk dan melihat banyak kaum Muslim berbaris untuk Dhuhur, shalat kedua dihari itu. Aku mengamati mereka bersujud, tindakan yang Setan menolaknya. Dan aku tidak bisa menahannya lebih lama lagi. Aku bertanya-tanya apa aku akan menjadi seorang Muslim sekarang, dan semua pikiran saya ada pada satu sisi. Aku mengatakan kepada saudara tepat setelah shalat bahwa saya ingin menjadi seorang Muslim saat ini. Saat saya menulis ini, tiga bulan sesudahnya, saya tahu bahwa mengikrarkan persaksian Syahadat adalah hal terbaik yang pernah saya lakukan. Saya bahkan berharap bahwa saya bisa melakukannya lebih awal. [Josh Hasan, Ex-Jew, USA].

Tidak ada komentar: